Minggu, 19 Desember 2010

Uji citarasa kopi di Kramat Sentiong

Untuk pertama kalinya kami mengadakan uji citarasa kopi bersama dengan para konsumen (secara terbuka). Dan hasilnya, tanggapan lidah konsumen kami yang umumnya bukanlah dikenal sebagai penggila kopi ini pada hematnya mengisyaratkan suatu kualitas penilaian yang jujur. Memang tak perlu harus menjadi pakar atau bahkan sesungguhnya juga quality grader jika kita ditantang untuk menilai secangkir kopi itu enak atau tak enak. Cukuplah dengan akal sehat dan mengikuti suatu pedoman umumnya diakui masyarakat.

Kopi yang kami uji berasal dari Kopi A: Manggarai NTT, Kopi B: Taraju, Tasikmalaya, Jawa Barat, dan Kopi C dari Parapat Sumatra Utara. Hasilnya, dalam rentang penilaian antara paling rendah 42 s.d. paling tinggi 70 (mohon maaf dengan modifikasi ini), para pencicip menilai kopi A: 49,1; kopi B: 46,6 dan kopi C: 49,9.

Tujuh komponen yang dinilai di sini adalah aroma, keasaman, citarasa, kekentalan (body), kandungan karamel (sweetness), kesan umum rasa (clean cup), keseragaman antarseduh dalam beberapa cangkir. Ada dua variabel yang tak sempat kami kerjakan yaitu bau kopi sebelum dan setelah digiling serta rasa akhir yang tertinggal di lidah atau tenggorokan.

Kami mengacu pada pokok-pokok penilaian yang diterapkan oleh asosiasi kopi internasional. Namun, dalam praktiknya, karena keterbatasan ruang penyampaian, ada beberapa komponen yang terlewatkan (bukan karena kesengajaan, tapi lebih karena proses belajar), namun kiranya secara umum hasilnya masih dapat kita percayai sebagai acuan yang kiranya oke. Oke dalam pengertian tingkat kejujurannya, atau kebenarannya, atau ketulusannya dapat kita acungi jempol.

Kami ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah rela mengikuti dan mencoba uji citarasa kopi ini. Terimakasih juga kepada mbak Istu Pinilih sebagai tuan rumah dari Kafengkringan Mbak Is di Jalan Kramat Sentiong 55, Jakarta.

Pada kesempatan berikutnya tampaknya kami ingin mengajak teman-teman untuk memulai uji rasa kopi Robusta yang sudah cukup jumlahnya untuk dapat kita coba rasakan bersama-sama. Di antaranya dari Sumba NTT, Jember Jawa Timur, Magetan Jawa Timur, Manggarai NTT, Gunung Muria Jawa Tengah. Silahkan mendaftar kepada mbak Is. Kiranya tak lebih dari sepuluh orang yang dapat kami tampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar